Tips untuk tetap aman dari para hacker Facebook

Saya sengaja menulis tips ini untuk membantu teman-teman yang menjadi korban para hacker Facebook karena ada oknum tertentu yang sengaja melakukan hacking terhadap akun para penguna facebook kemudian digunakan untuk menyebarkan Hoax, meminjam uang orang atas nama pemilik akun, SARA, menyebarkan malware dan informasi-informasi yang merugikan orang lain.

Beriku ini saya share beberapa tips yang biasa digunakan oleh para hacker untuk mengambil alih akun penguna facebook :
1. Jika ada orang mengirimkan sebuah link website ke anda melalui chat facebook, WA, BBM dan lain-lain. Ketika dibuka tampilan sama persis dengan facebook namun URLnya bukan https://www.facebook.com maka itu adalah facebook palsu yang sengaja dibuat oleh para penjahat untuk menjebak anda. Pada saat anda memasukan username dan password maka data anda akan dikirim ke pemilik facebook palsu. Contoh tampilan facebook palsu seperti berikut ini:

2. Jika anda sedang online di WiFi public (Hotel, caffe, Mall, kantor dll), ketika buka https://www.facebook.com namun yang muncul hanya facebook.com tanpa huruf S di akhir http, kemungkinan anda sedang disadap oleh orang.

3. Jangan asal menginstall aplikasi dari Internet dan orang yang anda belum kenal baik karena ada aplikasi tertentu yang sengaja dibuat untuk mencuri data dari komputer, laptop dan HP anda.

4. Jika anda mengunakan email yahoo, pastikan email yahoo yang dipakai untuk facebook tetap aktif. Jika email tersebut sudah mati, para penjahat dapat mendaftar ulang email anda kemudian digunakan untuk reset password facebook anda.

5. Jika anda mengunakan Gmail, pastikan email anda tidak ada titik ditengah(contoh: abrao.ximenes@gmail.com) karena orang yang mengunakan email abraoximenes@gmail.com dapat reset password facebook anda.

6. Hati-hati meminjamkan HP anda ke orang(Note: biasanya orang terdekat) karena orang tersebut dapat menipu pusat facebook mengirimkan security code ke HP anda, dia akan mengambil kode tersebut kemudian dipakai untuk menganti password facebook anda.

7. Hati-hati mengunakan komputer teman atau orang lain karena kadang mereka sengaja mengintal aplikasi keylogger di komputer tersebut. Jika anda mengunakannya maka apapun yang anda ketik di komputer tersebut akan terekam semua.

Note: Semua tips di atas berdasarkan pengalaman saya di lapangan. Jika ada yang ingin bertanya atau berbagi ilmu tentang IT security, Hacking dan Digital Forensics. Silakan follow instagram @abraoximenes07

Advertisements
This entry was posted in SECURITY. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s